School

6 Hal Seputar Tips Parenting yang Ternyata Keliru

Tips parenting pastinya banyak dicari tahu oleh orang tua yang sudah memiliki momongan. Apalagi tips yang satu ini bisa dibilang sangat penting untuk membuat proses mendidik anaknya tidak salah arah. Namun ternyata tidak semua dari tips bisa ditelan mentah begitu saja. Soalnya perlu diketahui ada 6 hal seputar tips ini yang ternyata keliru seperti berikut.

  1. Pemberian MPASI Dini

Bagi bayi yang usianya yang sudah lebih dari 6 bulan pastinya tidak bisa diberikan hanya ASI sebagai nutrisi utamanya tapi juga MPASI. Namun ternyata masih ada beberapa orang tua yang keliru dalam melakukan proses MPASI ini. Pastikan bahwa motorik, enzimatik hingga psikologis bayi sudah siap. Soalnya banyak orang tua yang tidak memperhatikan hal ini.

  1. Penggunaan Baby Walker

Setiap orang tua pastinya ingin melihat buah hatinya tumbuh dengan sempurna termasuk mampu untuk berjalan. Hal tersebutlah yang kemudian membuat para orang tua menggunakan baby walker untuk buah hatinya. Namun ternyata penggunaan baby walker ini dilarang digunakan pada bayi. Alasannya adalah produk ini bisa menghamat pertumbuhan motorik si bayi.

  1. Penggunaan Gurita

Tips parenting berikutnya yang tergolong keliru adalah penggunaan gurita pada perut si kecil. Banyak orang tua yang menggunakan gurita ini untuk membuat perut menjadi rata. Kekeliruannya adalah apabila penggunaan gurita ini terlalu kencang pada perut bayi. Soalnya hal ini akan membuat perut bayi menjadi kram bahkan bisa membuat mereka menjadi sulit bernapas.

  1. Penggunaan Bedong

Bukan hanya penggunaan gurita ternyata penggunaan bedong pada bayi juga masih banyak keliru dilakukan oleh para orang tua di luar sana. Terutama pengunaan bedong yang terlalu kuat sehingga membuat bayi merasa tidak nyaman bahkan juga bisa membuat pertumbuhan mereka terganggu. Sesuatu yang pastinya tidak diinginkan oleh orang tua manapun.

  1. Menjemur Bayi

Kegiatan menjemur bayi pastinya menjadi kegiatan yang banyak dilakukan oleh orang tua pada bayi sekarang ini. Biasanya orang tua melakukan ini untuk membuat tubuh bayi menjadi lebih hangat. Namun ternyata kegiatan ini tidak bisa dilakukan pada semua bayi. Untuk bayi dengan usia di bawah 6 bulan sangat tidak disarankan melakukannya karena menganggu kesehatan.

  1. Memarahi Anak

Apalagi seorang anak melakukan kesalahan pastinya sudah menjadi hal yang wajar bagi orang tua untuk memarahinya. Banyak orang tua menganggap hal tersebut sebagai tindak pembelajaran bagi si kecil. Namun perlu diingat bahwa tindakan memarahi si kecil juga harus memiliki batasnya dan juga tidak mengeluarkan kalimat sembarangan demi psikologis si kecil.

Jadi tidak semua tips parenting bisa Anda langsung praktikan dengan begitu saja. Tetap saja Anda mesti mampu memilahnya mana yang benar dan mana yang terhitung masih keliru. Selain itu, pastikan bahwa tips yang sedang Anda lakukan memang lebih banyak manfaat untuk buah hati daripada kebalikannya.